Langkau ke kandungan utama

Asas 3Ds Max




Produk asli 3D Studio diciptakan untuk platform DOS oleh Grup Yost dan diterbitkan oleh Autodesk. Setelah 3D Studio DOS Release 4, produk tersebut ditulis ulang untuk platform Windows NT, dan berganti nama menjadi "3D Studio MAX." Versi ini juga awalnya diciptakan oleh Grup Yost. Album ini dirilis oleh Kinetix, yang pada saat itu divisi Autodesk media dan hiburan. Autodesk membeli produk ini di tanda rilis kedua versi 3D Studio MAX dan pengembangan diinternalisasi seluruhnya selama dua rilis berikutnya. Kemudian, nama produk diubah menjadi "3ds max" (semua huruf kecil) untuk lebih sesuai dengan konvensi penamaan Discreet perusahaan, sebuah perangkat lunak berbasis di Montreal yang telah dibeli Autodesk. Pada rilis 8, produk tersebut lagi dicap dengan logo Autodesk, dan namanya kembali diubah menjadi "3ds Max" (atas dan huruf kecil). Pada rilis 2009, nama produk diubah menjadi "Autodesk 3ds Max".

Pengertian 3Ds Max

          3D Studio Max (kadangkala disebut 3ds Max atau hanya MAX) adalah sebuah perangkat lunak grafik vektor 3-dimensi dan animasi, ditulis oleh Autodesk Media & Entertainment (dulunya dikenal sebagai Discreet and Kinetix. Perangkat lunak ini dikembangkan dari pendahulunya 3D Studio fo DOS, tetapi untuk platform Win32. Kinetix kemudian bergabung dengan akuisisi terakhir Autodesk, Discreet Logic. Versi terbaru 3Ds Max pada Juli 2005 adalah 7. 3Ds Max Autodesk 8 diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun. Hal ini telah diumumkan oleh Discreet di Siggraph 2005.
         3ds Max adalah salah satu paket perangkat lunak yang paling luas digunakan sekarang ini, karena beberapa alasan seperti penggunaan platform Microsoft Windows, kemampuan mengedit yang serba bisa, dan arsitektur plugin yang banyak.

Tampilan Awal 3Ds Max

 Metode pemodelan
Ada 5 metode pemodelan dasar:
Pemodelan dengan primitif
NURMS(subdivision surfaces)
Surface tool
NURBS
Pemodelan polygon
Pemodelan dengan primitif

       Ini merupakan metode dasar, di mana seseorang membentuk model dengan menggunakan banyak kotak, bola, "cone", silinder, dan objek yang telah disediakan lainnya. Seseorang juga dapat menerapkan operasi boolean, termasuk pengurangan, pemotongan, dan penggabungan. Misalnya, seseorang dapat membuat dua bola yang dapat bekerja sebagai blob yang akan menyatu. Hal ini disebut "pemodelan balon".
Mental Ray

       Mental Ray merupakan sebuah render engine (mesin untuk merender gambar atau video) yang terdapat pada program 3D Studio Max, selain render standar max yaitu "Default Scanline". Mental Ray terintegrasi dengan 3D Studio Max sehingga tidak perlu menginstal secara terpisah. Mental ray mempunyai beberapa kelebihan yaitu dapat mengkalkulasi efek Global Illumination dan Indirect Illumination, selain itu dapat juga menggunakan shader pada permukaan gambar atau cahaya. Render engine lain selain Mental Ray adalah V-Ray, Brazil R/S, Maxwell Render, Final Render, dan sebagainya. Semua render engine ini memiliki kelebihannya masing-masing.    


Keunggulan dan Features 3Ds Max:

1. Kelebihan dan Feature Ke 1

      Feature untuk membuat model organic dan unorganic. Model organic dapat berupa karakter model makhluk hidup nyata seperti manusia, hewan. Dan model makhluk hidup yang tidak nyata (khayalan) seperti monster, peri, dan lain-lain. Model unorganic dapat berupa model objek-objek benda mati seperti mesin, bangunan, mobil, sepeda motor, furniture, dan lain-lain.

      Pada 3ds max feature yang digunakan untuk membuat model organic umumnya dengan menggunakan teknik Polygonal modeling dan NURBS modeling. Teknik Polygonal modeling adalah teknik membuat model dengan memakai objek-objek geometry dasar yang kemudian dikembangkan menjadi objek model yang lebih kompleks. Umumnya memakai bentuk objek geometry box (kotak) yang kemudian dihaluskan lagi permukaannya (smooth). Sedangkan teknik NURBS modeling adalah teknik membuat model dengan memakai garis-garis yang dibuat seperti rangka objek yang diinginkan kemudian diberi surface (bentuk permukaan).

        Model unorganic umumnya dibuat dengan menggunakan teknik Compound modeling dan Spline modeling (dapat juga dengan menggunakan teknik Polygonal Modeling). Teknik Compound modeling adalah teknik membuat model dengan mengkombinasikan (menggabungkan, memotong atau mengambil perpotongan) antar bentuk objek-objek geometry. Sedangkan teknik Spline modeling adalah teknik membuat model dengan membuat bentuk objek 2d-nya terlebih dahulu yang kemudian “ditransfer” menjadi bentuk 3d dengan memberikan ketebalan pada objek 2d tersebut.

2. Kelebihan dan Feature Ke 2

       Feature untuk memberikan rangka pada objek karakter 3d yang telah kita buat, sehingga karakter 3d tersebut dapat bergerak seperti layaknya manusia. Ada 2 teknik yang dapat dilakukan, yaitu dengan teknik Bone dan teknik Biped. Teknik Bone adalah dengan membuat tulang secara satu-persatu yang kemudian dilink-kan antar masing-masing tulang yang saling berhubungan, misalnya tulang tangan dihubungkan ke tulang bahu. Sedangkan teknik Biped memungkinkan kita untuk membuat tulang yang telah terintegrasi menjadi satu kesatuan rangka yang utuh. Sehingga kita tidak perlu lagi me-link-kan tulang secara satu-persatu.

  
3. Kelebihan dan Feature Ke 3

      Feature membuat texture real dan texture cartoon (kartun). Objek 3d yang dibuat dapat diberikan texture yang realistic sehingga terlihat seperti nyata, atau berupa texture cartoon. Texture real adalah memberikan texture yang sebenarnya sesuai dengan sifat dan karakteristik permukaan suatu objek atau benda, sehingga akan diperoleh hasil yang tampak asli dan nyata. Feature yang digunakan dengan menggunakan material standard. Sedangkan texture cartoon adalah memberikan texture seperti kartun, yang warnanya cerah dan terang. Feature yang digunakan adalah material Ink’npaint.
4. Kelebihan dan Feature ke 4

        Feature membuat efek-efek api, asap (fire effect), kabut (fog), pendar cahaya (volume light), dan lain-lain. Efek-efek ini dapat diterapkan dengan memakai feature effect dan environment effect.

5. Kelebihan dan Feature ke 5

         Feature membuat efek-efek yang terjadi bila mata/kamera melihat objek bergerak, misalnya efek motion blur dan depth of field (dof). Efek motion blur adalah efek bagaimana mata kita atau mata/lensa kamera menangkap gambar objek yang bergerak yang memperliatkan bias (blur) pergerakannya. Depth of field (dof) adalah efek bagaimana bila mata kita atau mata/lensa kamera focus melihat satu objek, maka objek-objek disekitarnya pasti akan menjadi tidak focus (blur). Pemberian efek-efek ini tentu akan memberikan kesan yang semakin tampak realistic.

6. Kelebihan dan Feature ke 6

         Feature untuk membuat efek-efek sinar, cahaya. Efek-efek tersebut dapat berupa cahaya matahari, sunset, dan lain-lain, yang tentunya akan semakin memperkaya dan mempercantik design 3d yang kita buat. Untuk membuatnya kita dapat memakai feature effect yang terdapat pada software 3ds max.

7. Kelebihan dan Feature ke 7

         Feature untuk membuat objek-objek bulu, rumput, rambut, dan lain-lain. Objek-objek ini memerlukan feature aplikasi khusus yaitu feature Hair & Fur. Dengan adanya opsi ini kita akan mudah untuk membuat beragam jenis dan style rambut, bulu ataupun rumput.

8. Kelebihan dan Feature ke 8

         Feature untuk membuat objek kain atau baju. Features yang digunakan adalah Cloth Simulation. Dengan feature ini kita dapat membuat kain atau baju dengan lebih natural dan realistic, menyerupai dengan sifat baju/kain seperti dalam kondisi real/nyata.


9. Kelebihan dan Feature ke 9

          Feature untuk membuat objek-objek liquid/cairan. Aplikasinya banyak ditujukan untuk membuat environment, seperti environment (panorama) di sungai, laut, kolam, dan lain-lain. Sama halnya seperti pembuatan objek bulu, objek liquid memerlukan tingkat kekompleksan yang sangat khusus, karena oject ini sangat berat “dibaca” oleh komputer, apalagi bila tingkat akurasi liquid-nya tinggi. Feature yang dipergunakan adalah Meta Particle dan BlobMesh.

10. Kelebihan dan Feature ke 10

         Feature untuk membuat cahaya yang realistic. Cahaya yang tampak realistic adalah cahaya yang memantul dan menyebar kesegala arah, sesuai dengan arah pantulan objeknya. Feature yang dipakai adalah Global Illumination dengan beragam teknik, seperti Light Tracer, Radiosity atau MentalRay.


11. Kelebihan dan Feature ke 11


         Feature untuk membuat Animasi dynamics. Banyak diaplikasikan untuk membuat animasi objek-objek yang saling bertubrukan/tabrakan, berbenturan, pecah, dan lain-lain. Tidak hanya dapat diterapkan untuk benda-benda (objek) solid/keras (rigid), tetai dapat juga diterapkan untuk benda-benda lunak (soft), kain (cloth), tali (rope), dan lainnya.



Kredit :http: ubudbelajarkomputer.blogspot.my

Ulasan

Catatan popular daripada blog ini

ONE PIECE

Oraittt...hari nie aku nak cerita sikit pasal anime yg pling aku minat.,Anime nie diberi nama One Piece karya Eiichiro Oda, mula diterbitkan pada tahun 1997 sehingga la sekarang..oky anime One piece nie menceritakan tentang pegembaraan Monkey D Luffy yg merupakan seorang pemakan buah SETAN (Devil Fruit) yg mengakibatkan badanya mnjadi seprti getah yg mengembara bersama-sama krew2nya yang diberi nama Straw Hat pirate. Tujuan utama Luffy mengembara adalah untuk mencari harta karun yang diberi nama"One Piece" dan seterusnya menjadi raja lanun,okyy...siri anime ini produced by Toei Animation dan mula disiarkan pada tahun 1999 dan setakat hari ini sebanyak 721 episode telah ditayangkan.dan utk siri mangga pula One Piece telah mencatat rekod sebagai mangga terlaris didunia setakat ini. Bagi aku  secara peribadi la..watak yang paling aku minat dalam cerita ini ialah Monkey D Dragon iaitu ayah kepada Monkey D Luffy, Knp Dragon??? sbbnya dia nie misteri,unknown power dan ...

TOEI ANIMATION

Nama company Toei Animation begitu sinonim dengan kita,ingat cerita Dragon Ball atau One Piece mesti terlintas Toei Animation.Syarikat ini telah melahirkan ramai Animator terkemuka dunia seprti Hayao Miyazaki Dan Echiiro Oda.So disini sy nak coretkan sedikit sebyk tentang Toei Animation. Toei Animation ditubuhkan pada tahun 1948 dan sepanjang penubuhannya Toei Animation telah banyak mencipta siri TV dan filem.Toei juga merupakan pemegang saham terbesar untuk siaran televisyen berbayar iaitu ANIMAX,sehingga tahun 1998 syarikat ini dikenali sebagai Toei Doga. Doga yang membawa maksud Animasi dan Toei mengunakan kucing pero sebagai maskot mereka yang diadaptasi dari filem mereka Puss in Boots. Selain menghasilkan anime untuk keluaran di jepun,Toei juga berkerjasama dengan beberapa syarikat di Amerika Syarikat dalam bidang Animasi.

Keluang Man

Ini adalah salah satu animasi malaysia yg aku minat,zaman kanak2 dlu klau sebut cerita keluang man mesti teringat dengan nama-nama seperti Borhan,Tiong Man dan jugak Kathy Ismail,nama-nama ini adalah watak utama dalam cerita keluang man tersebut. Animasi ini sebenarnya diilhamkan oleh Raja Zaharuddin Shah pada tahun 1997 kerana menginginkan kehadiran AdiWira Kebangsaan. Konsep awal animasi ini dicipta oleh Kamm Ismail dan pasukannya,Animasi ini mempunyai sebanyak 30 episod yang bersiaran melalui siaran RTM 1. Cerita ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Borhan yang tinggal di hospital Bahagia sebenarnya adalah seorang pembela manusia iaitu Keluang Man. Borhan ditemani oleh pembantunya Tiong Man dalam menumpaskan musuh negara.Kathy ismail pula sebagai wartawan sering menjejaki Keluang Man untuk mengetahui indentiti sebenarnya tp tanpa disangka gelagat dan kelincahan Keluang Man telah menyebabkan dia jatuh cinta kepada Keluang Man. Walaupun dari segi aplikasi yg...